Jenis - jenis Kabel Jaringan Komputer

by - 1:15 PM

Kalau belajar jaringan komputer selain kita belajar perihal LAN/WAN (software) dan etc mengenai sistemnya kita juga harus paham tentang seluk-beluk dari Hardware jaringan itu sendiri. salah satunya adalah Kabel Jaringan.

Dalam jaringan komputer ada beberapa macam jenis kabel yang biasa digunakan dalam mebuat suatu jaringan berbasis wired, yaitu 
  1. UTP (Unshielded twisted Pair)
  2. STP (Shielded Twisted Pair)
  3. Coaxial
  4. Fiber Optic
Berikut penjelasan tentang masing-masing kabel tersebut:
1. UTP (Unshielded Twisted Pair)
kabel-utp
kabel-utp
Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) banyak digunakan dalam instalasi jaringan komputer. Kabel ini berisi empat pasang kabel yang tiap pasangnya dipilin (twisted). Kabel ini tidak dilengkapi dengan pelindung (unshilded). Kabel UTP mudah dipasang, ukurannya kecil, dan harganya lebih murah dibandingkan jenis media lainnya. Kabel UTP sangat rentan dengan efek interferensi elektris yang berasal dari media di sekelilingnya. Konektor yang digunakan adalah RJ45.
UTP dapat mempunyai transfer rate 10 Mbps sampai dengan1000 Mbps tetapi mempunyai jarak yang pendek yaitu maximum 100m.
Terdapat 5 kategori kabel UTP :
1. Category CAT 1 : Digunakan untuk telekomunikasi telepon dan tidak sesuai untuk transmisi data.
2. Category CAT 2 : Jenis UTP ini dapat melakukan transmisi data sampai kecepatan 4 Mbps.
3. Category CAT 3 : Digunakan untuk mengakomodasikan transmisi dengan kecepatan sampai dengan 10 Mbps.
4. Category CAT 4 : Digunakan untuk mengakomodasikan transmisi dengan kecepatan sampai dengan 16 Mbps.
5. Category CAT 5 : Merupakan jenis yang paling popular dipakai dalam jaringan komputer di dunia pada saat ini. Digunakan untuk mengakomodasikan transmisi dengan kecepatan sampai dengan 100 Mbps.
6. Category Cat 5e : dengan kecepatan maksimum 1 Gigabps, tingkat emisi lebih rendah, lebih mahal dari Cat 5 akan tetapi lebih bagus untuk jaringan Gigabit.
7. Category Cat 6 : kecepatan maksimum adalah 1 Gigabps+, dimaksudkan sebagai pengganti Cat 5e dengan kemampuan mendukung kecepatan-2 multigigabit.
Pengkabelan menggunakan kabel UTP terdapat dua metode:
1. Straight-Through
2. Cross-Over
Straight-through adalah pengkabelan yang digunakan untuk menghubungkan antara PC dengan hub atau switch. Susunan kabelnya seperti berikut :
Putih Orange1Putih Orange
Orange2Orange
Putih Hijau3Putih Hijau
Biru4Biru
Putih Biru5Putih Biru
Hijau6Hijau
Putih Coklat7Putih Coklat
Coklat8Coklat
UTP straight-through
UTP straight-through
Cross-over adalah pengkabelan jaringan yang menghubungkan antara 2 PC secara langsung  tanpa menggunakan hub atau switch, menghubungkan antara 2 switch dan menghubungkan antara PC dengan modem, susunan ujung nyapun  berbeda dengan metode staraight.
Putih Orange
1
Putih Hijau
Orange
2
Hijau
Putih Hijau
3
Putih Orange
Biru
4
Biru
Putih Biru
5
Putih Biru
Hijau
6
Orange
Putih Coklat
7
Putih Coklat
Coklat
8
Coklat
UTP cross-over
UTP cross-over
2. STP (Shielded Twisted Pair)
kabel-stp
kabel-stp
Kabel STP (Shielded Twisted Pair) merupakan salah satu jenis kabel yang digunakan dalam jaringan komputer. Kabel ini berisi dua pasang kabel (empat kabel) yang setiap pasang dipilin. Kabel STP lebih tahan terhadap gangguan yang disebebkan posisi kabel yang tertekuk. Pada kabel STP attenuasi akan meningkat pada frekuensi tinggi sehingga menimbulkan crosstalk dan sinyal noise.
3. Coaxial
coaxial
coaxial
Kabel Coaxial adalah suatu jenis kabel yang menggunakan dua buah konduktor. Kabel ini banyak digunakan untuk mentransmisikan sinyal frekuensi tinggi mulai 300 kHz keatas. Karena kemampuannya dalam menyalurkan frekuensi tinggi tersebut, maka sistem transmisi dengan menggunakan kabel koaksial memiliki kapasitas kanal yang cukup besar. Ada beberapa jenis kabel koaksial, yaitu thick coaxial cab le (mempunyai diameter besar) dan thin coaxial cable (mempunyai diameter lebih kecil). Konektor yang digunakan adalah BNC.
Jenis Kabel Coaxial:
Type
Hambatan
Digunakan untuk
RG-8
50 ohm
Thick Ethernet
RG-11
50 ohm
Thick Ethernet
RG-58
50 ohm
Thin Ethernet
RG-59
75 ohm
Kabel TV
RG-62
93 ohm
ARCnet
4. Fiber Optic
fiber-optic
fiber-optic
Fiber Optic adalah saluran transmisi atau sejenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus dan lebih kecil dari sehelai rambut, dan dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain. Sumber cahaya yang digunakan biasanya adalah laser atau LED. Kabel ini berdiameter lebih kurang 120 mikrometer. Cahaya yang ada di dalam serat optik tidak keluar karena indeks bias dari kaca lebih besar daripada indeks bias dari udara, karena laser mempunyai spektrum yang sangat sempit. Kecepatan transmisi serat optik sangat tinggi sehingga sangat bagus digunakan sebagai saluran komunikasi.
Kabel fiber optic terdiri dari macam-macam jenis tergantung dari mana tempat kabel FO akan diletakan, misal dalam air, bawah tanah, dan lain-lain.
Dari segala macam keuntungan, kabel serat cahaya terdapat kerugian. Kerugiannya antara lain penanganan khusus serta harganya yang sangat mahal tetapi kabel ini merupakan alternative yang paling baik bagi masa depan jaringan komputer.
Adapun keuntungan-keuntungan lain dari kabel fiber optic adalah :
Kecepatan : jaringan-jaringan fiber optic beroperasi pada kecepatan tinggi,mencapaigigabits.
Bandwidth : fiber optic mampu membawa paket-paket dengan kapasitas besar.
Distance : sinyal-sinyal dapat ditransmisikan lebih jauh tanpa memerlukan perlakuan refresh atau diperkuat.
Resistance : daya tahan kuat terhadap imbas elektromagnetik yang dihasilkan perangkat-perangkat elektronik seperti radio, motor atau bahkan kabel-kabel transmisi lain di sekelilingnya.


nah cukup sekian dulu dan semoga bermanfaat..!!



You May Also Like

0 Comment

Selamat datang gan/sis di Blog sederhana ane ..

Silahkan berkomentar jika ada yg ingin dikoreksi atau ada pendapat lainya, but gunakan bahasa yg baik ya ..

Semoga Bermanfaat ~