Pikiran Fans (JKT48) yang Terkotak-kotak ??

by - 11:01 AM



Ya saya cuma bisa berkoar koar di internet. tapi saya merasa hal ini tidak ada salahnya. Mengapa? disebabkan saya berharap orang yang membaca tulisan ini dapat membuka wawasan pikirannya dan setidaknya dapat bermanfaat dan juga saya tidak sanggup untuk mendatangi satu persatu fans JKT48. 

Baru - baru ini kita mendengar kembali kalau ada "oknum" fans yang kelakuannya yang tidak sopan dan tidak mencerminkan Fans JKT48 itu sendiri. Sebenarnya ini bukan kejadian baru melainkan kejadian lama yang terulang lagi. Dahulu mungkin kasus seperti ini tidak berlangsung lama disebabkan jumlah fans yang tidak membludak seperti sekarang ini.

Idol you can meet atau idol yang bisa kamu temui yang mengusung konsep tumbuh berkembang bersama fans. Tumbuh berkembang bersama fans ini masih belum banyak orang yang memahaminya. Sebagian orang menganggapnya bahwa Idol itu hanya untuk dirinya sendiri bukan orang lain sehingga menyebabkan idol diatas semua hal dan artis/musisi lain itu hanya selingan.

Memang JKT48 tumbuh bersama fans, tapi apakah JKT48 tidak boleh dikritik?Hater merupakan fans juga disebabkan hater menghabiskan segala upaya dan daya pikirnya untuk memberi masukan kepada yang dia benci agar sesuai dengan harapannya. bukankah hal ini bagus untuk JKT48?

Kebanyakan Fans yang baru "ngefans" pasti mengikuti trend "ngefans" dari artis yang lain dimana kritik dan saran itu hampir tidak pernah diberikan, yang hanya diberikan adalah pujian kepada idolanya. Berbeda dengan JKT48, mereka harus diberi kritik untuk berkembang. Hal ini paling jelas bisa dilihat pada KKS dimana ada Video tentang kritik dan saran untuk mereka, Dan hasilnya apa? mereka tampil lebih baikkan?.

Indonesia itu luas dengan penduduk yang banyak. Namun norma sosial dimasyarakat sudah mulai hilang. Hal ini dapat dilihat dengan tidak ada lagi rasa hormat kepada orang yang lebih tua. Belum lagi masalah pada lingkungan tempat tinggal yang tidak ada habis-habisnya. Juga dikarenakan fase hidup manusia indonesia Bayi -> Balita -> anak-anak -> remaja -> labil/alay/lebay (sepertinya tidak ada dalam kamus besar bahasa indonesia) -> dewasa.

Fans JKT48 sendiri selama ini mengkotak-kotakkan fans berdasarkan jenisnya. Ada yang bilang manusia langit, ada yang dukun, zombie, fans bawah laut dan lain-lain. Mengapa tidak kalau Fans JKT48 itu mengatakan Kami ini satu, sama-sama fans JKT48. kalau memang ada yang yang terlebih dahulu ngefans yang dihormati saja bukan menambah "embel-embel". Jujur saya saja risih mendengar sebutan itu disebabkan tujuan mereka sama yaitu "ngefans" sama JKT48.

Jadi bagaimana dengan fans yang suka melakukan kegaduhan atau kekacauan? sebenarnya cara paling gampang adalah meng-edukasi mereka. Mungkin bisa dengan mengajak mereka masuk ke Fansbase atau regional. Hal ini paling mudah disebabkan regional lah yang paling mengerti keadaan daerah mereka dan bagaimana sifat dari orang pada daerah tersebut. Mungkin misi Fans sekarang adalah meng-edukasi fans baru agar nama baik Fans JKT48 yang sudah susah payah dibangun tidak "di cap" sebagai fans yang rusuh. sehingga membawa dampak jelek Kepada JKT48 sendiri. Semua hal edukasi ini harus dilakukan dengan dasar ikhlas kalau tidak hasilnya tidak akan memuaskan. 

Member sudah berusaha menampilkan yang terbaik untuk Fans, apakah Fans tidak berpikir untuk memberikan yang terbaik untuk member? Pemberian disini bukanlah hadiah tapi lebih men-support mereka dan menjaga nama baik mereka. Bahkan member JKT48 telah memotivasi fans untuk move on dan selalu bersemangat tanpa memperdulikan kesehatan mereka dan terkadang pendidikan mereka. Apakah Fans tidak tergerak? dimulai oleh seorang gadis yang tidak punya apa-apa tapi terus bekerja keras untuk mencapai mimpinya. Apakah kalian sebagai Fans tidak malu dengan diri kalian sendiri disebabkan terus bertindak semau kalian terhadap member?

Member juga manusia, mereka butuh makan, tidur, bermain, bersosialisasi dan sekolah. Janganlah menambahkan lagi beban yang kalian terima kepada mereka. Member bukan pelampiasan, mereka bukan pacar kalian dan mereka bukan orang yang pantas untuk mimpi basah kalian. Cantik itu relatif dan kecantikan mereka hanya bonus tapi yang paling penting adalah kemauan dan kerja keras mereka. Mereka hanya sekumpulan gadis yang harus kalian kalahkan dari segi kesopanannya, kerja keras dan pendidikannya.

Bukalah pikiran, Jangan jadi generasi yang berpikir hanya didalam kotak. JKT48 itu bukan hanya untuk Fans JKT48 saja tapi bagi semua orang di dunia ini. JKT48 bukan kumpulan gadis cantik tapi kumpulan para wanita tegar yang mandiri dan terus berjuang. Fans JKT48 itu satu, bukan manusia langit, alay atau apalah. Tumbuh berkembang bersama fans bermaksud selain idolnya berkembang Fansnya juga berkembang. Dari dulu Fans tidak biasa antri sekarang jadi tertib, Dulu tidak tau G+ sekarang jadi tahu. Dulu tidak punya banyak teman sekarang punya teman dari sabang sampe merauke. Dulu yang tidak sopan menjadi lebih sopan dan saling hormat menghormati serta tenggang rasa.

Saya sangat berharap tulisan ini dapat meng-edukasi, Walau saya hanya bisa koar-koar di dunia maya. Saya sadar tulisan saya ini masih banyak kesalahannya. Ini merupakan opini saya, dan saya juga yakin ada orang yang tidak suka dengan tulisan saya ini. Tapi saya mohon kritikan dan sarannya agar saya bisa menjadi penulis atau orang yang lebih baik lagi.

You May Also Like

0 Comment

Selamat datang gan/sis di Blog sederhana ane ..

Silahkan berkomentar jika ada yg ingin dikoreksi atau ada pendapat lainya, but gunakan bahasa yg baik ya ..

Semoga Bermanfaat ~