Penyakit Yang Dapat Dideteksi dengan Smartphone

by - 4:00 PM




Smartphone. Kita tau banget kan seberapa besar pengaruh smartphone untuk hidup kita. Komunikasi sekarang sudah beralih kedalam segenggam ponsel pintar yang memanjakan kita dengan berbagai macam fiturnya. Mulai dari social media, games, gps dll. Orang yang sekolah, kerja atau bahkan pengangguran sekalipun gag bisa jauh dari yang namanya smartphone. Ada yang menggunakan fiturnya untuk berkomunikasi untuk mengerjakan tugas, berhubungan dengan teman atau sanak saudara nun jauh disana, ataupun sekedar eksis didunia maya.

Tapi, apa agan/sista tau kalo smartphone selain berguna untuk komunikasi dan eksis didunia maya, juga bisa berguna untuk mengontrol kesehatan kita, seperti memonitor detak jantung, kebiasaan makan dan bahkan mengontrol kadar glukosa darah. Dengan manfaat ini kita senantiasa akan lebih bisa mengendalikan serta mengontrol kesehatan kita lebih baik.

Dan dibawah ini adalah beberapa penyakit yang bisa diantisipasi melalui smartpone.


Deteksi Parkison



Agan bisa menggunakan aplikasi Mpower, yang membantu mendeteksi dan melacak gejala penyakit parkinson. Cukup dengan berbicara di telepon, aplikasi ini dapat menganalisa pola suara untuk mendeteksi penyakit degeneratif.

Sekitar 70-90% penderita parkinson mengalami penurunan vokal setelah terserang penyakit ini. Mpower dilengkapi fitur finger tapping, pendeteksi cara berjalan, dan memori permainan untuk memantau perkembangan penyakit.


Diagnosis HIV dan Sifilis



Menggabungkan smartphone dan tes darah berbentuk dongle kecil, perangkat yang dijuluki Smartphone Dongle ini dapat mendiagnosis HIV dan sifilis. Alat ini merupakan laboratorium kecil yang dapat menguji kadar antibodi dalam darah hanya 15 menit.

Smartphone Dongle dirancang untuk digunakan di negara berkembang, dengan biaya hanya US$ 34. Jauh lebih murah ketimbang tes laboratorium konvensional yang memakan biaya sekitar US$ 18.450. Demikian seperti dikutip dari laman Mirror, Selasa (7/4/2015).


Deteksi Kanker Kulit



Agan khawatir dengan tahi lalat yang tiba-tiba saja muncul? Jalan terbaik adalah dengan memeriksanya ke dokter. Tetapi jika ingin memantau tanda di kulit dengan mudah, ada beberapa aplikasi yang bisa agan pake.

Dokter Mole dan SkinVision adalah aplikasi yang memungkinkan Agan mengambil foto tahi lalat dan menganalisisnya dari segi warna untuk melihat apakah ada banyak perubahan atau tidak.


Prediksi Serangan Jantung Dan Struk



Penyedia alat monitor jantung, AliveCor, meluncurkan casing smartphone yang berfungsi sebagai elektrokardiogram (EKG) untuk melacak aktivitas jantung melalui jari.

Jari yang menempel di casing pintar ini, melalui impuls listrik diubah menjadi sinyal ultrasound dan dikirim ke mikrofon smartphone. Kemudian algoritma akan menganalisis pola jantung dan mengidentifikasi jika agan berisiko struk atau serangan jantung, bahkan sebelum Anda memiliki gejala apapun.


Tumor Mata Pada Anak



Retinoblastoma adalah penyakit tumor ganas primer pada anak yang tumbuh dengan cepat, berasal dari sel retina mata. Akan tetapi, jika terdeteksi secara dini dapat menyelamatkan hidup anak dan mencegah pengangkatan mata.

Cara mendeteksinya adalah dengan memotret mata anak menggunakan kamera smartphone dengan flash. Jika salah satu bagian mata tampak putih, bukan hitam - seperti mata kucing - itu bisa menjadi indikator tumor mata. Jika hal itu sering terlihat di foto, cara terbaik adalah dengan mengunjungi dokter.

Ini yang paling simple kalo menurut ane.


Udah tau kan gan apa aja penyakit yang bisa kita antisipasi pake smartphone. Buat agan/sist yang punya smartphone canggih, menurut ane gag ada salahnya kalian coba aplikasi ini. Jadi si smartphone gag cuma berguna buat selfie terus eksis didunia maya aja, tapi juga bisa bantu agan mengontrol kesehatan agan.

Oh ya, sekali lagi smartphone ini gunanya hanya mendeteksi penyakit ya, bukan menyembuhkan. Hal ini semata-mata untuk meningkatkan kewaspadaan kita terhadap bahaya penyakit yang bisa menyerang kita kapan saja. Kalo kita bisa antisipasi sejak dini, kenapa enggak kan, bukannya mencegah itu lebih baik dari pada mengobati gan??


Semoga Bermanfaat..!!

sumber: http://www.kaskus.co.id/thread/55244f0c1cbfaa2e6f8b4569/?ref=homelanding&med=hot_thread

You May Also Like

6 Comment

  1. Mantep dah, saya baru tau kalo smartphone bisa mendeteksi penyakit. Dunia semakin maju saja. Thanks gan info menarik ini

    ReplyDelete
  2. makasih bang saya jadi tau berkat artikel ini jangan sungkan untuk berbagi mantap dah

    ReplyDelete
  3. Good info, belum bisa dicoba aplikasi di smartphone udah full nih :D

    ReplyDelete

Selamat datang gan/sis di Blog sederhana ane ..

Silahkan berkomentar jika ada yg ingin dikoreksi atau ada pendapat lainya, but gunakan bahasa yg baik ya ..

Semoga Bermanfaat ~