Membuat Daftar Isi dan Penomoran Pada Karya Ilmiah (ms word)

by - 8:26 AM

 Oke setelah paham Petunjuk Pembuatan Karya Ilmiah, kita lanjutkan untuk merapikan Daftar Isi, daftar isi inilah penghubung dan petunjuk untuk melihat page dari Karya Ilmiah itu sendiri.

Daftar isi diperlukan untuk mempermudah pembaca makalah, buku, skripsi dll. Untuk itu, perlu ditata dengan rapi. Banyak cara untuk menyusun daftar isi pada dokumen MS Word 2007, salah satunya dengan kelebihan otomatis tersusun yaitu dengan cara berikut. Ikuti langkahnya dengan cermat!












Referensi: http://office.microsoft.com/id-id/word-help/membuat-daftar-isi-HA102824256.aspx


Cara Penomoran Halaman yang Berbeda pada Word 2007
Seandainya kalian dihadapkan kasus di mana diminta membuat file dokumen Word yang terdapat 2 type penomoran halaman, misal di bagian Kata Pengantar, Daftar Tabel, Daftar Isi menggunakan angka romawi kecil (i, ii, iii, iv, dst) sedangkan mulai dari Bab 1 Pendahuluan sampai Daftar Pustaka dan halaman Lampiran menggunakan angka arab (1, 2, 3, ..., 12, dst), beginilah caranya:

  1. Siapkan file Ms Word dokumen atau makalah  yang akan diberi nomor halaman
  2. Silakan klik Insert pada grup Header & Footer kemudian klik Page Number lalu pilih Bottom of page dan klik Plain Number 2.
  3. Secara otomatis halaman 1 akan muncul pada halaman judul. Jika anda ingin merubah format angka  menjadi angka romawi bisa dengan cara klik pada Page Number dan pilih Format page numbers. Pada number format pilih i,ii,iii. kemudian klik OK, maka nomor halaman akan berubah dari angka 1 menjadi i.
  4. Sampai pada pengaturan ini maka “SEMUA NOMOR HALAMAN MENGGUNAKAN HURUF ROMAWI KECIL”
  5. Untuk membuat halaman BAB I sampai dengan halaman akhir menggunakan format penomoran angka standar, maka halaman BAB I dibuat Section Break. Caranya adalah letakan kursor pada halaman BAB I, kemudian klik ribbon Page Layout lalu klik Breaks pada grup Page Setup. Kemudian klik Next Page. Sampai di sini new section break telah terbentuk.
  6. Klik ganda pada Footer atau nomor halaman BAB I, pada ribbon Design di grup Navigation, nonaktifkan tombol Link to previous. Klik tombol tersebut sehingga tidak berwarna kuning lagi.
  7. Kemudian hapus nomor tersebut lalu pada ribbon Design, group Header & Footer klik Page Number dan pilih Format Page Numbers.
  8. Setelah itu pada Number Format rubah format angka romawi (i, ii, iii,) menjadi format angka standar (1, 2, 3). Kemudian pilih Start at dan isikan dengan nomor 1 dan klik OK.
  9. Setelah sampai tahap ini, maka anda telah berhasil mengatur nomor halam dengan format berbeda, yaitu Daftar Isi dengan menggunakan format penomoran huruf romawi dan Bab I sampai akhir penulisan menggunakan format penomoran angka standar.
Mudah bukan?
Semoga bermanfaat dan Berhasil...!!!

sumber: http://medkomp.blogspot.com/2013/09/membuat-daftar-isi-pada-dokumen-ms-word.html

You May Also Like

0 Comment

Selamat datang gan/sis di Blog sederhana ane ..

Silahkan berkomentar jika ada yg ingin dikoreksi atau ada pendapat lainya, but gunakan bahasa yg baik ya ..

Semoga Bermanfaat ~