RIVER (by JKT48) vs Realita Pendidikan Indonesia

by - 12:08 PM

Indiana Jones Indonesia


>dikutip dari: Kompasiana

JKT48 adalah satu dari sekian banyak “girl band” yang sedang menjamur saat ini. Meskipun mengusung konsep yang sedikit berbeda, yakni idol group (yang definisinya sangat berbeda dengan girlband), namun masyarakat menganggap bahwa mereka tak ada bedanya dengan girl band yang bermunculan saat ini (berdandan imut, memakai seragam saat tampil, dan menampilkan nyanyian dan tarian secara bersama). Saya pribadi, bukan penggemar berat mereka. Saya hanya penikmat musik Jepang dan JKT48 menarik perhatian saya karena mereka adalah sister group dari AKB48, idol group dari Jepang. Hal ini membuat mereka menjadi satu-satunya grup yang dengan legal membawakan lagu-lagu AKB48 dalam versi bahasa Indonesia.

Ada hal unik setelah mereka menampilkan single ini di Budoukan. Beberapa fans (mostly from Indonesia) melihat bahwa makna single ini tidak jauh berbeda dengan realita Indonesia, tepatnya dalam dunia pendidikan. Masih ingat tentang “perjuangan” siswa-siswa di beberapa daerah yang harus berjuang sangat keras untuk sampai di sekolah mereka dengan cara menggantung pada jembatan seperti gambar di bawah ini? Bahkan saat itu, salah satu media Inggris menyebutnya sebagai “Indiana Jones a la Indonesia”. Hmmm…. 

Bahkan, salah seorang pengguna youtube (atas nama Danar Haidar) berkreasi dengan single tersebut yang digabung dengan “fenomena nyata tentang RIVER” yang ada di Indonesia. Video tersebut dapat dilihat disini: Youtube

Single ini menjadi pengingat (bahkan mungkin penampar) tentang kenyataan yang ada di sekitar kita, terutama yang berkaitan dengan dunia pendidikan. Sangat miris ketika kita melihat dari tayangan DH, fenomena tersebut terjadi di daerah Jawa Barat, yang notabene adalah daerah paling dekat dengan ibukota yang fasilitasnya seharusnya lebih baik daripada daerah pelosok yang lain. Namun ternyata, penyakit “RIVER is an obstacle” di Indonesia tidak hanya terjadi di daerah terpencil, tapi juga daerah dekat ibukota. Satu kesan: Lucunya negeri(ku) ini….

Well, terlepas dari mirisnya wajah pendidikan Indonesia, lagu RIVER ini jelas menjadi penyemangat kepada mereka yang memiliki cita-cita. Bahwa walaupun ada sungai yang luas dan lebar, dalam dan deras arusnya, seharusnya tak akan menjadi penghalang untuk menjalankan kewajiban, menuntut ilmu demi mimpi yang kelihatannya jauh tersebut. Karena sungai tersebut adalah “penguji takdir”, yang harus dilewati demi terkabulnya mimpi yang selalu digenggam erat, seperti yang dikatakan JKT48 dalam liriknya….

You May Also Like

0 Comment

Selamat datang gan/sis di Blog sederhana ane ..

Silahkan berkomentar jika ada yg ingin dikoreksi atau ada pendapat lainya, but gunakan bahasa yg baik ya ..

Semoga Bermanfaat ~